FAKTOR PENGARUH PERKEMBANGAN BERBAHASA ANAK #1

JENIS KELAMIN
Penelitian menunjukkan bahwa anak laki-laki dan perempuan menyerap bahasa secara berbeda. Kebanyakan penelitian menunjukkan bahwa anak perempuan sedikit lebih maju daripada anak laki-laki pada tahap awal-awal perkembangan bicara dan bahasanya. Anak perempuan cenderung mengucapkan dengan lebih terang dan jelas dibandingkan anak laki-laki, dan anak perempuan cenderung lebih banyak menggunakan kata benda, menamai berbagai permainan, peranan permainan, dan bunyi yang abstrak. Anak perempuan melebihi anak laki-laki dalam semua kategori bahasa yang utama, antara lain jumlah kata-kata yang dihasilkan, jumlah kata-kata yang dimengerti, jumlah kata-kata yang digunakan dalam kombinasi, kerumitan kalimat, dan panjang kalimat yang maksimal. Tetapi perkembangan mereka cenderung lebih maju hanya satu atau dua bulan daripada anak laki-laki. Namun, perbedaan kecil di antara jenis kelamin ini tidak pernah menyebabkan suatu keprihatinan. Apabila Anda mengkhawatirkan anak laki-laki Anda mungkin memiliki suatu masalah, sebaiknya Anda menemui dokter Anda untuk melakukan tes pemeriksaan.

Pernah ada sahabat yang bercerita pada saya, pada saat dia membawa anak laki-lakinya yang berusia 2 tahun ke museum, dia cukup heran ketika melewati koleksi dinosaurus dan melihat ada anak perempuan yang usianya sama dengan anaknya, anak perempuan tersebut dengan jelas mengucapkan kata Brontosaurus, anak perempuan tersebut dengan sempurna mengulangi kata tersebut dua kali setelah mendengar ibunya menyebutkannya sekali saja. Sekalipun bunyi bicara anak laki-laki sahabat saya dapat dimengerti,  ia belum menguasai rangkaian huruf konsonan/ mati. Saya hanya bisa memberikan wacana terhadap sahabat saya, bahwa dengan melihat kemampuan berbicara anak perempuan tersebut tidak berarti bahwa anak laki-lakinya tidak mampu mengucapkan kata dengan lebih terang dan jelas. 

Anak laki-laki cenderung memberikan tekanan lebih besar pada tindakan kata-kata yang lebih dini, dan mereka menguasai bagian lain dan berbicara kemudian. Banyak yang memiliki bakat yang hebat dalam membuat berbagai efek suara. Ketika anak laki-laki dan perempuan tumbuh makin besar, perbedaan dalam hal bagaimana mereka menggunakan bahasa menjadi lebih terlihat. Anak perempuan cenderung senang berbicara pada boneka dan memainkan peranan dengan boneka-boneka dan mainan sejenisnya. Anak laki-laki cenderung menyukai kegiatan yang berorientasi pada permainan yang memiliki aturan mengenai pemenang, yang kalah, dan rinciannya. Anak laki-laki terkadang menggunakan pembicaraan untuk menceritakan berbagai kisah dan lelucon serta saling menyela dan menantang. Di sisi lain, anak perempuan cenderung terlibat dalam berbagai aktifitas yang tidak memiliki pemenang dan yang kalah. Mereka cenderung menekankan pada masalah giliran serta berbagi pikiran dan perasaan mereka.

Penelitan menunjukkan bahwa cara orangtua berinteraksi dengan anak-anak mereka mempengaruhi perkembangan bahasa. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa para ibu cenderung menggunakan kalimat-kalimat yang lebih panjang dan rumit terhadap anak perempuannya daripada anak laki-lakinya. Para ibu juga cenderung berbicara dengan anak perempuannya mengenai konsep-konsep abstrak seperti perasaan dan emosi.

Nah...dari pembahasan Tips Asuhan Cerdas di atas tentang Faktor Pengaruh Perkembangan Berbahasa Anak di atas dapat diketahui bahwa berdasar jenis kelamin pun anak memiliki perkembangan berbahasa yang berbeda. Oleh karena itu, sebagai orangtua akan lebih baik jika berusaha mengambil sikap yang bijak dalam menerapkan pola asuh terhadap anak dalam memaparkan anak mereka, baik anak laki-laki maupun perempuan pada berbagai keadaan dan gaya berbahasa untuk membuat perkembangannya menjadi lebih baik.

Semoga Tips Asuhan Cerdas kali ini bermanfaat untuk Anda, dan saya akan dengan hati apabila Anda juga bersedia untuk berbagi dengan saya di sini tentang pengetahuan dan pengalamannya dalam menerapkan pola asuh yang berkualitas terhadap anak. :)

Referensi :
Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak
Laura Dyer, MCD, CCC-SLP